Yuk Hindari Covid19 dengan Konsisten Melakukan Ini!

Ramadan sudah di depan mata, namun saat ini kita akan menjalani Ramadan dengan suasana yang berbeda dengan sebelumnya. Beribadah, berdoa, belajar, bekerja, semua dilakukan di rumah. Salat tarawih tidak diadakan secara berjamaah di masjid, kegiatan-kegiatan kajian kini menggunakan media online. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid19. Agar wabah ini segera teratasi.

Namun bagaimana dengan masyarakat? Kalau yang selama ini terlihat di daerah saya, masyarakat tetap ada yang menyikapi Covid ini dengan waspada, ada yang tetap tenang dan santai. Ada yang mengurangi kegiatan di luar rumah, ada yang tetap keluar rumah, meskipun mereka sebenarnya bisa tetap tinggal di rumah. Ada yang keluar rumah hanya ketika persediaan di rumah telah menipis, ada yang tetap keluar rumah, hanya untuk bertemu dan ngobrol dengan teman-teman. Berbeda ketika kta bicara tentang mereka yang tidak bisa di rumah saat ini, misalnya tenaga medis, karyawan perusahaan yang memegang sektor yang memang tidak dapat bekerja dari rumah, dan mereka orang-orang yang bekerja harian.

Sikap masyarakat yang berbeda-beda ini tentu sangat bergantung pada kondis yang mereka hadapi,juga kebijakan pemerintah.. Di daerah saya, hari ini adalah hari kedua diberlakukannya PSBB. Namun di setiap check point, kendaraan masih menumpuk.

Apapun yang sikap kita dalam menghadapi Covid19 ini, kita yangn bisa di rumah dan mereka yang tidak bisa di rumah, tetap harus menerepkan perilaku-perilaku untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Agar dapat meminimalisir kemungkinan untuk tertular virus ini.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut :

  1. Menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah. Untuk masyarakat biasa, menggunakan masker kain. Masker bedah hanya untuk tenaga medis.
  2. Menerapkan etika batuk dan bersin yang baik.
  3. Menerapkan physical distancing saat beraktivitas di luar rumah.
  4. Menghindari kerumunan.
  5. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, jika tidak ada, bisa menggunakan hand sanitizer.
  6. Tidak menyentuh area mata, .hidung dan mulut saat tangan kita kotor.
  7. Makan-makanan yang bergizi.
  8. Olahraga dan berjemur dengan teratur.
  9. Istirahat yang cukup.
  10. Jangan stres.
  11. Berdoa kepada Allah untuk keselamatan pribadi, keluarga dan masyarakat.

Kita memang tidak mampu mengontrol hal-hal yang terjadi di luar diri kita, namun kita mampu memilih akan bersikap seperti apa. Kita mampu mengontrol apa yang ada pada diri kita.

Ramadan sudah mulai esok hari, Insya Allah. Semoga kita bisa menjalani Ramadan kali ini dengan baik, dan semoga Allah segera mengangkat wabah dari negara kita. Aamiin.

~Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu~

~Bergeraklah, karena diam berarti kematian~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *