Writing Challenge

5 Cara Saya untuk Hidup Sehat

Siapa sih yang ga mau hidup sehat? Punya badan sehat, bisa melakukan aktivitas apapun yang kita kehendaki, bisa pergi kemanapun kaki ingin melangkah, dan masih banyak lagi. Tidak bisa dipungkiri, kalau nikmat sehat ini seringkali luput dari perhatian dan rasa syukur kita. Umumnya, kita merasa bahwa nikmat sehat itu berharga saat kita diuji dengan sakit.

5 Hal di bawah ini adalah beberapa tips  sehat yang saya lakukan dalam rangka ikhtiar menjaga kesehatan saya :

1. Minum Air Putih yang Cukup

Semua sepakat dong ya, kalau minum air putih ini salah satu kebiasaan baik untuk bisa hidup sehat. Meskipun banyak minuman manis aneka rasa dan warna yang menarik di luar sana, tapi air putih ini tetep minuman ter the best. Hehe. Setiap hari, saya selalu usahakan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Saat hamil, biasanya saya lebih banyak minum air putih. Bisa sampai 12 gelas sehari atau lebih. Karena kebutuhan air saat hamil  akan berbeda dengan kebutuhan air saat saya tidak hamil. Saya sudah bersepakat dengan suami untuk mengurangi konsumsi gula yang salah satunya mengurangi konsums minuman berperisa dalam kemasan. Soalnya, tanpa kita sering sadari, gulanya banyak bengeet… Makanya sekarang rajin banget buat memperhatikan kandungan dari makanan atau minuman kemasan yang mau dibeli. 🙂

2. Jangan Stress

Ternyata banyak banget loh penyakit yang awalnya ya bermula dari si stress ini. Kehidupan di zaman sekarang ini, entah kenapa rentan memicu stress banget. hehe.. Enaknya sih dibikin enjoy aja ya… Tapi kadang, cuma mudah diucapkan doang. haha… prakteknya susaah… Ada seorang teman yang jika dia stress, maka penyakit maag nya akan kambuh. Kalau buat saya pribadi, tubuh udah ngasih sinyal saat saya stress berlebih. Dari dulu sampai sekarang, sinyal stress itu belum berubah. Jika sedang didera stress, maka saya biasanya sariawan. Ga hanya satu, tapi banyak banget. Hehe. sampai susah makan. Kebayang, badan susah gemuk, pas sariawan, jadi susah makan, yah, target naikin BB jadi makin jauh deh.Untuk menjauhi stress ini kadang buat saya ga mudah juga. Saya tipe yang kadang semua jadi pikiran hehe. Apalagi introvert. alhamdulillah sih sekarang udah lebih enjoy dengan menulis dan cerita semuamuanya ke suami.. Hehe… Oh iya, satu lagi, kalau saya bisa mengurangi stress saat hati saya cukup bersyukur sama Allah. Soalnya kadang yang bikin stress itu saat saya ngerasa ga pernah cukup dengan apa yang saya punya, atau overthinking atas sesuatu yang belum tentu terjadi juga 😀

3. Tidur yang Cukup 

Buat emak-emak, kayanya tidur cukup itu sesuatu yang impossible yak.. Alias sesuatu yang langka banget. Namanya emak-emak, biasanya bangun paling pagi, dan tidur paling malem. Tapi, saat ini saya mulai mengurangi jam begadang di waktu malam. Kerasa ke badan memang ga enak kalau sering begadang. Apalagi dulu pernah punya pengalaman bekerja shift di rumah sakit. Pas kebagian dinas malam, haduh.. Badan rasanya rontok semua. Hehe… Jam biologisnya jadi terganggu juga. Istirahat pun harus ekstra.

Terus, gimana caranya biar ga begadang terus buat emak-emak? Kalau pengalaman saya, yang paling bikin saya bisa mengurangi jam begadang adalah manajemen waktu yang diperbaiki, dan tingkat perfeksionis yang dikurangi. 🙂

Jadi kalau rumah belum rapi, tapi udah waktunya harus tidur, ya udah, kerjain besok lagi. Karena yang namanya kerjaan rumah ga bakal beres-beres.

4. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur 

Saya memang belum sepenuhnya mengikuti pola hidup food combining. Tapi saya sudah mulai menerapkan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Ini jenis cemilan yang menyehatkan sebenernya kan ya.. Dan lebih simple pula cara penyajiannya. Apalagi buah. Tinggal dimakan atau dijus kalau mau. Kerasa di badan lebih enak aja saat lebih banyak konsumsi buah dan sayuran. Badan jadi lebih ringan.

5. Melakukan olah fisik setiap hari minimal 15 menit

Hehehe… Olah raga ternyata punya peran yang besar dalam kesehatan. Tapi lagi-lagi, seringnya kita males gerak. Saya juga begitu. Tapi akhir-akhir ini mulai berubah. Saya ingin lebih sehat. Jadi, mulai merutinkan olahraga ringan setiap hari sekitar 15-30 menit. Yang bisa dilakukan di dalam rumah aja sih. Maklumlah, masih ada anak yang ngikutin terus kesana kemari hehe.. Semoga nanti ke depan dapat menambah waktu olah raga ini 🙂

Nah, itu tadi 5 hal yang saya lakukan untuk bisa hidup sehat. Banyak sih resolusi di tahun depan untuk hidup sehat ini. Semoga bisa dilaksanakan. Dan 5 hal kecil yang saya tuliskan diatas pun bisa tetap rutin saya lakukan.

Sharing dong, kalau tips sehatmu apa aja sih? 😀

~ Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu ~ 

~ Bergeraklah, karena diam berarti kematian ~ 

Author

yahdi@tass.telkomuniversity.ac.id
Ibu dengan tiga anak. Menulis adalah salah satu cara self healing dan berdialog degan dirinya sendiri. Interest dengan menulis, jurnaling, hand lettering, dan berkomunitas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *