Institut Ibu Profesional (IIP)

Insight dari Gelanggang Inspirasi Dapur Komunitas dan Ketua Kampung (Resume #3)

Taraaaa!

Sampai juga di resume ketiga dalam masa orientasi Kampung Main ini. Resume ketiga ini merupakan gabungan dari empat acara Zoom yang diadakan selama empat hari. Gelanggang Inspirasi selama empat hari ini membagikan inspirasi mengenai apa saja yang terkait dengan kampung komunitas, termasuk di dalamnya mengenai manajemen kampung komunitas, dan kegiatan-kegiatan di dalamnya.

Acara gelanggang inspirasi tersebut yaitu :

  1. “Tumbuh bersama Komunitas”, pada tanggal 19 Oktober 2021 oleh Uni Yesi Dwi Fitria, sebagai Ketua Komunitas IP
  2. “Berkarya dalam Untaian Kata”, pada tanggal 20 Oktober 2021, oleh Tim KLIP
  3. “Saatnya Bermain Bareng Bumin”, pada tanggal 21 Oktober 2021
  4. “Lahan Main Ala Dapur Komunitas”, pada tanggal 22 Oktober 2021

Nah, apa saja sih hal yang saya dapatkan selama empat hari ini?

Bisa disimak di bawah ini ya! 🙂

Tumbuh bersama Komunitas

Di gelanggang inspirasi bersama Uni yesi ini, ada banyak hal yang bisa saya dapatkan. Beliau mmebagikan pengalaman dan aliran rasanya sebagai ketua Komunitas Ibu Profesional. Diawali dengan mengenai definisi bahagia menurut Uni Yesi. bahagia, menurut Uni Yesi adalah bagaimana agar diri merasa tetap bersyukur dan tentram, meskipun menghadapi tantangan di depan mata. Begitupun ibu yang bahagia, adalah ibu yang mampu bersyukur, di tengah tantangan yang ada, dan juga berproses menuju ketentraman dalam hidup.

Saat ada tantangan, diri bisa beradaptasi, dan cepat move on untuk mendapatkan takdir yang lain. Saat ada masalah,, diri mampu melihat masalah secara keseluruhan, dan mampumenentukan solusi atas permasalahan tersebut.

Lalu bagaimana kita bisa berbahagia ketika berada dalam sebuah komunitas? Yang utama adalah ketika nilai-nilai yang ada dalam komunitas, sejalan dengan nilai yang dianut oleh diri dan keluarga. Sejalan dengan aktivitas sebagai seorang istri dan ibu, sehingga bisa melahirkan aktivitas yang bermanfat dan berdampak bagi orang lain. Komunitas adalah keluarga kedua, dimana dari komunitas, kita dapat belajar banyak hal, yang tentunya kelak akan memberikan keteladanan bagi anak dan keluarga.

Peran leader dimaknai uni Yesi sebagai peran menerjemahkan impian yang akan diwujudkan bersama tim terbaik yang dimiliki. Mengomunikasikan setiap tantangan untuk mencari solusi dan mewujudkan impian bersama-sama. Berjalan bersama tim solid. Komunitas menjadi sebuah kebutuhan untuk berkembang, tetap bergerak, memiliki solusi, memiliki visi misi baru, dan menaklukan tantangan baru. Beraktivitas di komunitas menjadi charge energi karena dengan berkomunitas memiliki banyak kesempatan mendapatkan teman baru yang inspiratif, ilmu, pemahaman baru. Inti keseimbangan disini adalah keseimbangan energi dimana saling melengkapi. Kuncinya adalah bahagia bersinergi keluarga dan komunitas.

Dinamika komunitas yang begitu dinamis, cepat berubah membuat kebutuhan pun terus berubah setiap waktu. Dinamika ini tentu akan menciptakan lingkungan yang tidak pernah berada di zona nyaman. Selalu muncul tantangan dan selalu menciptakan hal baru, tidak membosankan. Justru zona nyaman yang dirasakan di komunitas adalah kenyamanan untuk berekspresi dan mengeluarkan ide-ide baru sehingga terus bergerak menuju capaian baru.

Berkarya dalam Untaian Kata

Gelanggang ini membagikan manisnya bermain dan berperan di kelas literasi IP (KLIP) bersama Ketua KLIP Ernawati dan Manajer Program KLIP Risna. Kak Erna menggambarkan KLIP sebagai terasnya IP. KLIP merupakan satu-satunya komponen dan komunitas yang dapat diikuti tanpa wajib menjadi member IP sehingga non member IP tersebut dapat mencari tahu tentang IP begitupun sebaliknya member IP dapat menengok kegiatan di luar IP.

KLIP merupakan program nasional IP sehingga dapat diikuti oleh semua regional. Tidak terbatas oleh regional. Oleh karena itu, dengan mengikuti KLIP, semua bisa berinteraksi dan saling menyemangati.

KLIP mengajarkan bahwa kata-kata memiliki kekuatan dan ajakan akan konsistensi. Ajakan konsistensi tampak pada program utama KLIP yaitu konsisten menulis selama satu tahun. KLIP memberikan wadah juga platform sementara dengan pembelajaran dewasa yang mengukur konsistensi, keberhasilan, dan karya adalah diri sendiri.

Kak Risna menginformasikan bahwa meskipun program utama KLIP hanya satu yaitu konsisten menulis selama satu tahun yang dimulai tahun 2019 namun program ini akan berubah setiap tahunnya dengan menambahkan tantangan. Hal ini ditujukan agar tidak bosan dan tetap mendapatkan efek latihan menuju kemajuan. Program utama ini akan dibuka setahun sekali pada awal tahun.

Apa yang dilakukan cukup mudah yaitu menyetorkan tulisan setiap harinya sesuai ketentuan yang berlaku saat itu. Tulisan yang disetorkan bebas, suka-suka, bebas melalui media apa saja, dengan setting publik maupun privat. Disinilah berlaku sistem belajar dewasa berdasarkan kejujuran, komitmen, dan konsisten. Tidak ada yang memeriksa tulisan tersebut. Semua dikembalikan ke diri sendiri (member yang mengikuti aturan). Hal ini karena yang akan mendapatkan kebermanfaatan, perkembangan, dan kemajuan adalah diri sendiri. Mereka yang bersungguh-sungguhlah yang akan memetik hasilnya.

Aturan setoran saat ini berdasarkan dua hal yaitu jumlah kata persetoran dan jumlah setoran per bulan. Bagi mereka yang berhasil memenuhi syarat minimal tersebut akan mendapatkan badge yang menandakan kelulusannya pada bulan tersebut. Ada tiga badge yang tersedia yaitu badge good sebagai badge dasar, badge excellent, dan badge outstanding.

Melalui KLIP, member telah banyak berkarya. Karya didefinisikan KBBI sebagai pekerjaan, hasil perbuatan, ciptaan. Telah banyak buku diproduksi dari hasil setoran KLIP yang dapat dilihat dalam album buku KLIP. Produk literasi lainnya seperti blog.

Saatnya Bermain Bareng Bumin

Gelanggang inspirasi ini memberikan wawasan lebih luas tentang peran yang dilakukan tim media komunikasi kampung komunitas. Gelanggang diawali dengan perkenalan tim medkom lalu presentasi mengenai peran yang dilakukan oleh tim medkom.

Ada sebuah mandatori dari tim medkom yang telah diajukan kepada ketua komunitas dan disetujui oleh founder IP. Tiga mandatori medkom pusat yaitu:
1. tanpa foto dan video perempuan
2. ilustrasi makhluk hidup tanpa waja
3. tanpa musik diganti dengan suara alam


Latar belakang keunikan ini adalah adanya prinsip yang diyakini dan diamalkan oleh tim terkait hal mandatori tersebut. Hal ini dilakukan agar konten lebih fokus, dan penerima informasi tidak terdistraksi oleh hal-hal yang sebenarnya bukanlah fokus utama informasi yang ingin disampaikan.

Dalam memproduksi konten, tim medkom telah memiliki alur tertentu dengan timeline dan pembagian tugas yang terperinci. Mereka bekerja berdasarkan prinsip ikhlas, inisiatif, eksploratif, dan disiplin. Syarat ikut bergabung dalam tim ini adalah no baperan dan mau terus upgrade diri dalam ilmu dan keterampilan untuk menjalankan peran.

Dalam melakukan copy writing, tim medkom pun telah memiliki panduan tersendiri. Panduan itu memuat pesona bumin, gaya bahasa, penyampaian, efektif dan efisien, serta persuasif.

Lahan Main Ala Kampung Komunitas

Gelanggang inspirasi penutup adalah mengenal peran pengurus kampung komunitas. Empat manajer kampung komunitas berbagi cerita peran mereka. Ada manajer operasional Evi Wiliyanti, manajer keuangan Tika Waliyah, manajer program Wahyu Mardhatillah, dan manajer aktivitas Sri Prihatiningsih. Apa saja peran mereka di kampung komunitas? Berikut penjelasannya.

Manajer operasional memiliki tugas yaitu:
1. Menjalankan fungsi operasional kesekretariatan dan berkoordinasi dengan manop seknas.
2. Memegang data seluruh komunitas regional.
3. Membuat dan menjaga SOP komunitas, seperti mutasi, persuratan, penomoran surat, dll.
4. Menjaga informasi dan komunikasi dengan seluruh manop regional.
5. Membantu leader dalam peran internalnya.


Tantangan yang dihadapi saat ini adalah kecepatan olah data. Untuk itu, pengembangan aplikasi dalam olah data ini sedang dikembangkan untuk menjawab tantangan tersebut.

Manajer keuangan memiliki tugas memanajemen keuangan yang bersumber dari pendaftaran member baru. Mankeu akan menerima ajuan proposal dari regional kemudian diajukan ke pusat untuk pencairan. Mankeu disini tidak memegang uang secara langsung tapi berkutat pada data dan angka alias pencatatan dan pengelolaan keuangan berdasarkan angka. Tantangan yang dihadapi adalah kecepatan pencarian dana.

Manajer program sebagai peran yang baru memiliki tugas membuat arena bermain bagi warga komunitas. Manajer aktivitas berperan mengkoordinasikan semua kegiatan di kampung komunitas baik skala nasional maupun regional.

Aktivitas di komunitas ada 3R dan event. Aktivitas 3R yaitu:
1. Rumah belajar (rumbel) yang memiliki dasar passion dan keterampilan sehingga menerapkan sistem belajar berjenjang.
2. Rumah bermain (rumin) yang memiliki dasar bonding.
3. Rumah berbagi (rumba) yang menjadi wadah berbagi warga kampung ke internal maupun umum.

Syarat untuk menjadi pengurus adalah lulus kampung main, bahagia saat ambil peran, dan bersedia belajar.

Sekian! 🙂

#Resume3

#Gelangganginspirasileader

#orientasikampungkomunitas

#balaimaingembira

#ibuprofesional2021

#komunitasibuprofesional

#kampungmain3

#semestakaryauntukindonesia

#salamberprestasi

#PrestAsyik

Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu

Bergeraklah, karena diam berarti kematian

Rini Inggriani

Ibu dengan tiga anak. Menulis adalah salah satu cara self healing dan berdialog degan dirinya sendiri. Interest dengan menulis, jurnaling, hand lettering, dan berkomunitas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *