BPN 30 day Ramadan Blog Challenge 2021

Nama Blog? Susah-susah Gampang!

Bulan Ramadhan telah tiba! Alhamdulillah, masih dikasih kesempatan untuk menikmati jamuan di bulan Ramadhan 1422 H ini. Selain kesempatan untuk berburu pahala di bulan ini, ternyata ada kesempatan lain yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Yap! Blogger Perempuan kembali mengadakan tantangan menulis 30 hari selama bulan Ramadhan. Saat tadi siang scroll instagram, lalu menemukan pengumuman ini, saya langsung ingin mengikuti tantangan yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Tahun lalu saya tidak sempat mengikuti tantangan BPN di bulan Ramadhan. Saat itu, saya sedang hamil 9 bulan, sehingga tidak fokus untuk melakukan aktivitas di blog, hehehe.

Kali ini, saya akan mencoba menantang diri saya untuk mengikuti challenge BPN, insyaallah. Meskipun kali ini tantangan menulis di blog bertambah, dengan adanya bayi berusia 10 bulan, hehe.

Arti Nama Blog

Hari pertama challenge yang diadakan oleh BPN kali ini mengusung tema “Arti Nama Blog”. Wah, kalau tentang arti nama blog, sepertinya akan sedikit sekali yang bisa saya ceritakan. Sebab nama blog saya, tidak lain adalah nama saya sendiri. Rini Inggriani.

Mungkin saya akan bercerita mengapa saya memilih nama blog yang sama dengan nama saya sendiri. Dulu, blog saya beralamat di blogspot. Sekitar tahun 2018, saya baru pindah kesini. Ada banyak hal yang saya pertimbangkan ketika saya memutuskan untuk pindah ke “rumah” baru ini. Namun satu hal yang tidak berubah. Nama blog saya, sebelum dan sesudah pindah, sama-sama menggunakan nama saya.

Alasannya lebih karena ingin mem-branding diri, dan agar lebih mudah diingat saja. Simple. Jika ada teman lama saya yang mencoba mencari tahu tentang saya (hehe, ini misalnya ya…), dengan mengetikkan nama lengkap saya di mesin pencarian, insyaallah akan keluar blog saya ini. Memudahkan, bukan?

Alasan berikutnya, saya masih pemula dalam dunia blog. Saya belum tahu akan menulis dengan niche apa di blog saya. Selama ini, saya masih menulis hal-hal yang menurut saya penting untuk ditulis. Seringkali sesuatu yang terlintas begitu saja dalam pikiran saya. Sehingga untuk menentukan nama blog sesuai niche yang akan saya bawa, bukan pilihan yang bisa saya ambil.

Dan alasan ketiga, karena saya agak sulit untuk menentukan nama yang bagus atau mudah diingat. Terlalu banyak pertimbangan. Daripada banyak pertimbangan lalu belum mulai-mulai membuat blog dan menulis, lebih baik saya menggunakan nama yang mudah, namun aktivitas menulis saya di blog bisa segera terlaksana.

Harapan Saya tentang Blog Pribadi

Menulis adalah salah satu cara saya untuk tetap “hidup” di tengah padatnya aktivitas keseharian. Saya bisa berbicara banyak dengan diri sendiri, melakukan hal-hal yang membuat saya bisa bersemangat sebagai pribadi, dan juga mengeluarkan rasa yang ada dalam diri.

Gambar dari https://tpsaletheiaf.blogspot.com/2017/09/quotes-that-help-me-blog-lot.html?m=1

Saya ingin agar blog ini menjadi salah satu sarana saya untuk belajar, membangun kebiasaan menulis, dan lebih jauh lagi, semoga blog ini bisa menjadi sarana untuk berbagi. Tapi, saya membutuhkan komitmen dan konsistensi untuk mencapai itu semua. Mengikuti tantangan menulis dari BPN merupakan salah satu cara untuk membangun konsistensi.

Bagaimana dengan teman-teman? Apa arti nama blog kalian? 🙂

“Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu,

Bergeraklah, karena diam berarti kematian”

Rini Inggriani

Author

yahdi@tass.telkomuniversity.ac.id
Ibu dengan tiga anak. Menulis adalah salah satu cara self healing dan berdialog degan dirinya sendiri. Interest dengan menulis, jurnaling, hand lettering, dan berkomunitas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngeblog, Yuk!

April 14, 2021