Review Aplikasi

Review Aplikasi Dagangan : Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Mudah

Halo teman-teman!

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih dalam masa PPKM yang diperpanjang, semoga kita semua bisa melewati semua ini dengan baik ya!

Pandemi dan Perubahan Pola Hidup

Selama satu setengah tahun ini, tentu saja sedikit banyak mengubah pola hidup kita sehari-hari. Lihat saja, anak-anak yang kini bersekolah dari rumah, tidak bisa bertemu dengan teman secara langsung, melakukan pembelajaran secara jarak jauh, karyawan yang bekerja dari rumah, pedagang yang banyak beralih ke penjualan secara online, dan juga konsumen berbelanja kebutuhannya secara online juga.

Keluarga kami pun tak luput dari perubahan pola hidup selama pandemi ini. Selain anak dan suami yang belajar dan bekerja dari rumah, kami pun membatasi untuk bepergian keluar rumah. Lalu bagaimana dengan berbelanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari?

Dulu, sebelum pandemi, biasanya momen berbelanja kebutuhan keluarga selama sepekan atau dua pekan adalah momen yang menyenangkan bagi saya. Rasanya senang sekali bisa mengitari supermarket untuk membeli kebutuhan di rumah. Anggap saja sebagai waktu untuk “me time” dan rekreasi bagi ibu rumah tangga seperti saya. Anak-anak pun senang, karena kami bisa menghabiskan waktu bersama, mereka pun bisa bermain di area permainan yang ada di supermarket.

Saat ini, tentu saja kami memilih untuk belanja sembako dan kebutuhan harian secara online, dari rumah saja. Selain mengikuti anjuran pemerintah, kami juga merasa lebih aman untuk berbelanja secara online. Alhamdulillaah saat ini juga sudah tersedia banyak pilihan untuk berbelanja kebutuhan harian dari rumah. Salah satunya adalah aplikasi yang baru saja saya kenal, yaitu aplikasi dagangan. Dibawah ini saya akan menuliskan review singkat ketika berbelanja menggunakan aplikasi Dagangan.

Berkenalan dengan Aplikasi Dagangan

Di tengah maraknya pilihan platform berbelanja sembako dan kebutuhan harian, salah satu aplikasi yang membuat saya tertarik adalah aplikasi Dagangan. Meskipun aplikasi ini terbilang baru, namun teman-teman bisa menjadikan Dagangan sebagai pilihan ketika akan membeli kebutuhan harian rumah tangga.

Dagangan menawarkan kemudahan dalam berbelanja dari rumah. Ada banyak pilihan produk yang bisa saya temukan dalam aplikasi ini. Apa saja?

Aplikasi Dagangan Belanja Sayur dan Produk Segar

Hampir semua kebutuhan sehari-hari di rumah, ada disini. Mulai dari sembako, seperti minyak goreng, gula pasir, beras, lalu ada juga makanan dan minuman ringan, hingga kebutuhan ibu dan anak seperti popok, bisa ditemukan disini. Satu lagi, disini juga tersedia aneka jenis produk segar seperti sayuran dan buah-buahan, lho! Benar-benar bisa berbelanja aneka kebutuhan rumah tangga dalam satu pintu. Tentu saja hal ini sangat memudahkan ibu-ibu seperti saya.

Oh ya, tenang saja, di aplikasi ini, kita bisa menemukan varian merk untuk produk yang ada. Jadi, kalau ada teman-teman yang punya kebiasaan seperti saya, memilih produk yang harganya paling murah, di Dagangan, teman-teman tetap punya pilihan, kok! Khas ibu-ibu sekali, bukan? Hehe

Memulai Berbelanja Menggunakan Dagangan

“Kalau mau belanja di Dagangan, ribet gak sih?”

Mungkin ini pertanyaan yang akan muncul di benak kita, saat ada informasi tentang sebuah aplikasi berbelanja baru. Pada awalnya, saya juga memiliki pertanyaan yang sama. Dan setelah mencoba berbelanja disini, saya merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam bertansaksi.

Langkah pertama yang harus kita lakukan, tentu saja dengan mengunduh aplikasi Dagangan Mall di Google Play Store. Oh iya, aplikasi ini baru tersedia di Android saja, ya! Untuk pengguna iOS, harap bersabar, semoga ke depan, aplikasi Dagangan bisa merambah ke iOS.

Aplikasi Dagangan Belanja Sembako dan Kebutuhan Harian

Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan nomor handphone, dan melengkapi data diri.

Sudah lengkap? Maka kita siap untuk mulai berbelanja.

Mudah, bukan?

Aneka promo yang Ditawarkan Aplikasi Dagangan

Adakah teman-teman disini yang ketika berbelanja online, akan mencari ongkir yang paling murah, atau bahkan gratis, jika ada?

Rasanya hampir semua konsumen menginginkan hal ini, bukan?

Jika ongkir lebih mahal dari harga barang yang dibeli, maka konsumen akan beralih ke toko lain untuk mencari ongkir yang termurah. Promo ongkir murah, namun barang pesanan tetap bisa sampai dengan cepat.

Dagangan juga menawarkan promo gratis ongkir, lho! Syaratnya pun mudah. Hanya berbelanja minimal sejumlah Rp.60.000, maka konsumen akan mendapatkan gratis ongkir. Kesempatan banget untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga mingguan, namun tetap dengan gratis ongkir.

Selain promo gratis ongkir, masih banyak promo yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Sebut saja diskon untuk berbagai produk tertentu, ada cashback, poin yang bisa digunakan saat bertransaksi, dan masih banyak lagi. Semua promo ini bisa dilihat di halaman utama aplikasi Dagangan.

Metode Pembayaran dan Pengantaran Pesanan

Bagaimana dengan metode pembayaran yang ditawarkan oleh Dagangan?

Pada awalnya, metode pembayaran yang diterima oleh dagangan masih COD (Cash On Delivery) atau Bayar di Tempat. Belum ada pilihan untuk pembayaran secara transfer. Sebenarnya, metode COD ini memiliki kelebihan sendiri. Dimana pada metode pembayaran secara COD, konsumen baru membayar saat barang pesanan tiba, tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap kepecayaan konsumen akan kinerja dari penyedia layanan. Konsumen hanya akan membayar barang yang sudah diantarkan. Selain itu, metode pembayaran COD ini akan memudahkan siapapun untuk bebelanja secara online, meskipun tidak memiliki rekening di bank, misalnya, atau akun dompet digital tertentu.

Kabar baiknya, saat ini telah tersedia metode pembayaran melalui Link Aja, yanng dibayarkan langsung kepada kurir dagangan saat mengantarkan pesanan, dengan cara scan QRIS (barcode) yang disediakan oleh kurir melalui aplikasi Link Aja.

Namun, saya tetap berharap, di masa yang akan datang, Dagangan akan menambahkan pilihan lain pada metode pembayaran yang disediakan, seperti metode transfer antar bank, atau melallui e-wallet lain selain Link Aja. Karena jujur saja, saya sendiri termasuk yang tidak selalu menyimpan uang cash dalam jumlah yang besar. Bagi saya, jauh lebih nyaman dan mudah untuk bertransaksi melalui transfer rekening antar bank.

Oh iya, pengantaran pesanan akan dikirimkan oleh kurir Dagangan. Jika kita melakukan pemesanan sebelum jam 17.00, maka pesanan akan diantarkan H+1, atau keesokan harinya. Cepat, bukan?

Setiap hari Minggu atau hari libur, tidak ada pengiriman, jadi kita bisa merencanakan dulu untuk waktu berbelanjanya, agar pesanan kita tidak tertunda pengiriman karena jeda libur. Kita pun dapat memantau status pesanan dan pengiriman melalui aplikasi, sehingga lebih tenang dalam berbelanja.

Kesimpulan

Aplikasi Dagangan, meskipun terbilang baru, namun saya merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh Dagangan. Saya bisa memenuhi kebutuhan harian dengan sangat mudah, dan harga produk yang ditawarkan pun bersaing. Ada promo-promo yang bisa dimanfaatkan agar bisa memperoleh harga lebih murah.

Aplikasi ini pun terbilang mudah untuk digunakan bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Tampilan desain minimalis dan tidak memusingkan bagi penggunanya. Patut dicoba, ya, sebagai alternatif aplikasi untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga. Recommended!

Bagi teman-teman yang ingin mencoba berbelanja disini, tinggal unduh aplikasi Dagangan Mall di Google Playstore ya!

Author

yahdi@tass.telkomuniversity.ac.id
Ibu dengan tiga anak. Menulis adalah salah satu cara self healing dan berdialog degan dirinya sendiri. Interest dengan menulis, jurnaling, hand lettering, dan berkomunitas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *