Tempat Favorit untuk Berbuka Puasa, Simple aja!

Hari kedua Ramadhan, udah ada yang buka puasa bersama di luar rumah hari ini? Hehe.. Bulan Ramadhan itu identik banget dengan buka bareng atau biasa disingkat dengan bukber. Bisa jadi, dalam satu bulan, buka puasa di rumah bareng keluarga itu lebih sedikit dibandingkan dengan buka puasa bareng teman-teman. Ya bisa buka bareng teman-teman SD, teman-teman waktu SMP, teman saat SMA, kuliah, teman kerja, tetangga komplek, teman-teman satu organisasi, teman dekat, dan masih banyak lagi agenda buka bareng menghiasi hari-hari di bulan Ramadhan.

Bahas buka bareng, tema hari ini tentang tempat buka puasa favorit di kotamu. Waah… Jujur aja, tema ini berat buat saya.. Hehe.. Kenapa? Soalnya saat ini saya benar-benar gak update tentang tempat makan atau tempat ngumpul yang lagi ngehits di Bandung. Rasa-rasanya, terakhir kali saya buka bareng teman-teman itu saat saya masih bekerja dulu. Setelah resign, nyaris gak pernah buka bareng teman-teman di luar. Hehehe..

Dulu, saat masih kuliah, semua agenda buka bareng berusaha untuk diikuti, dengan syarat tempat buka bareng dekat dengan fasilitas shalat yang memadai. Gak asik dong, buka bareng, tapi Maghrib kelewat. Niat silaturahim, eh malah melalaikan diri. Tapi, setelah menikah dan punya anak, rasanya buka bareng itu sesuatu yang menjadi prioritas ke sekian. Hehe.. Bukan apa-apa, mengingat usia anak yang masih balita, lalu jam berbuka itu saat dimana anak mulai ngantuk, rewel, dan seterusnya. Daripada ikut buka bareng tapi anak cranky, atau tantrum, dan kita juga tidak enjoy ikut acara, saya lebih memilih untuk tidak mengikuti agenda buka bareng. Biar lebih waras aja emaknya. Hehe. Kecuali kalau buka bareng bersama keluarga besar, itu selalu dihadiri. Karena ada suami sebagai partner untuk sama-sama rempong. Hehe.

Kalau di Bandung, hampir semua tempat makan, akan penuh saat waktunya berbuka puasa. Dari restoran cepat saji, kafe-kafe dengan menu premium atau dengan view yang bagus, semua akan dipadati pengunjung. Jadi, saya sendiri tidak tahu pasti, apa sih tempat buka puasa favorit bagi orang Bandung. Bagi saya pribadi, tempat favorit untuk berbuka puasa, ya di rumah, ditemani dengan keluarga tercinta. Sederhana, kan?

Tapi, kalau harus berbuka puasa di luar, ada beberapa kriteria yang akan saya perhatikan. Pertama, terdapat fasilitas mushala yang memadai, terdapat menu makanan untuk anak-anak, ramah anak, termasuk tersedia kids corner atau tempat menarik untuk anak-anak, tidak terlalu jauh dari rumah, dan tentunya harga yang terjangkau. Hehe…

Kalau teman-teman, dimana tempat favorit untuk berbuka puasa?

~ Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu ~

~ Bergeraklah, karena diam berarti kematian ~

2 Replies to “Tempat Favorit untuk Berbuka Puasa, Simple aja!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *