• Aliran Rasa,  Blogging,  Mamah Gajah Ngeblog

    Mulai Ngeblog Lagi Bareng Mamah Gajah Ngeblog

    Awal tahun ini bagi saya merupakan hari-hari yang cukup berat bagi saya sebagai pribadi yang sejatinya masih memiliki keinginan dan mimpi akan hal-hal yang ingin saya raih di kemudian hari. Saya merasa jenuh sekali, dan tidak merasakan adanya semangat dalam diri untuk mengerjakan sesuatu. Saya hanya melakukan rutinitas saya sehari-hari, dan menjalankan peran dalam keluarga dengan seadanya. Hal-hal yang dulu begitu semangat untuk saya kerjakan, kini tidak berarti apa-apa. Saya merasa lelah. Saya sangat menyadari hal itu. Pandemi ini memberikan dampak yang cukup besar bagi saya, terutama dalam hal mental. Mungkin banyak orang tua lain yang mengeluhkan pembelajaran jarak jauh anak-anaknya, entah karena tugas yang cukup banyak, ataupun anak yang…

  • Aliran Rasa,  Muhasabah

    Niat yang Seringkali Ternoda

    Malam ini, saat baca postingan dari @risalah_ammar, tentang hisab pembuat konten. Berasa ngejleb banget. Secara, selain akun instagram pribadi, saya juga admin dari beberapa akun instagram, yang tentu saja, mau tidak mau, akan berkaitan erat dengan konten dari akun-akun tersebut. Iya ya, segala sesuatu yang kita lakukan, semuanya akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Di era digital saat ini, jempol kita juga akan dihisab berkaitan dengan apa yang sudah kita tuliskan di dunia maya. Konten apa yang kita buat, baik atau tidak, benar atau dusta, dan juga, tentang masalah niat dibalik unggahan kita ke media sosial. Tentang niat, memang itu bukan hak kita untuk menilai niat orang lain saat memposting tulisannya…

  • Aliran Rasa,  Muhasabah

    Aliran Rasa di Tahun Baru Hijriah

    Assalaamu’alaikum… Sudah empat purnama tidak menulis disini. Setelah melahirkan, banyak adaptasi yang dilakukan. Bahkan hingga adaptasi pikiran dan perubahan rencana. Belum berani bermimpi terlalu jauh saat ini. Okelah, bahasan tentang mimpi, lain kali aja ya… Balik lagi nulis disini, pas banget dengan momen tahun baru Islam, 1 Muharram 1442 Hijriah. selamat tahun baru Islam semuanya! 🙂 Momen tahun baru, terutama tahun baru Masehi, biasanya identik dengan resolusi dan juga perayaan. Benar atau benar? 🙂 Meskipun tahun baru Islam tidak sepopuler tahun baru Masehi, namun biasanya ada juga yang merayakan tahun baru Islam sesuai dengan adat dan kebiasaan yang berlaku di daerahnya. Ada juga yang mengadakan acara berupa pengajian di lingkungan…

  • Aliran Rasa

    Di Rumah Saja? It’s Okay!

    Entah sampai kapan wabah Covid19 ini akan berakhir dan tertangani di Indonesia. Tidak ada yang tahu, sampai kapan kita harus membatasi aktivitas kita di luar rumah, dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja. Apakah saat di rumah, kita merasa bosan? Sudah sebulan lebih di rumah saja, mungkin bagi sebagian besar orang yang biasa beraktivitas keluar rumah setiap hari, tentu sedikit banyak akan merasa bosan. Tidak hanya orang dewasa, namun anak-anakpun akan merasakan bosan. Anak-anak yang biasanya bertemu dengan teman-temannya di sekolah, belajar dan bermain bersama, kini harus di rumah selama beberapa lama, pasti pernah merasa bosan. Bahkan untuk keluar rumah pun dibatasi. Saya seorang ibu rumah tangga, yang sebelum…

  • Aliran Rasa,  Muhasabah

    Jangan Lupa Bersyukur!

    Jangan Lupa bahagia! Akrab dengan kalimat itu? Ya, akhir-akhir ini banyak terdengar kalimat seperti ini, atau bahkan hashtag #JanganLupaBahagia di media sosial. Apa ada yang salah? Hehe. Gak kok, gak ada yang salah. Bahkan, karena hashtag tersebut, saya jadi menyadari, bahwa menjadi bahagia itu ya harus diusahakan, bahkan sampai diingatkan seperti ini. Karena begitu cepatnya dunia di sekitar kita bergerak, dan diri kita sedang terengah-engah mengejar “dunia”, seringkali kita lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Betapa banyak orang yang memiliki harta yang berlimpah, tapi setiap hari, yang keluar dari lisannya adalah keluhan, dan wajah murung yang teramat jelas dari wajahnya. Nyatanya, harta berlimpah tak jadi jaminan untuk bahagia. Ada yang bilang,…

  • Aliran Rasa,  Dakwah,  Muhasabah

    Militansi Diri

    Bismillaah… Beberapa hari yang lalu udah sempet posting tentang militansi di IG story, di @riniinggriani (hehe..sekalian promosi 😂), awalnya mau ditulis lebih dulu di blog, namun belum sempet aja, tapi pikiran di kepala udah penuh, hehe.. Jadi diposting di IG story dulu. Kenapa sih bahas yang berat-berat? Hm.. Ini ga berat kok.. Ini sebenernya lebih untuk pengingat diri sendiri aja. Karena salah satu tujuan menulis saya adalah untuk pengingat diri saya sendiri. Kalau tulisan itu jadi bermanfaat, alhamdulillah… Biidznillaah… 🙂 Tentang militansi diri… Pernah ga sih, saya, kami, atau kita, berpikir seperti ini, “Kenapa ya, akang/teteh itu, kalau sudah menikah, apalagi punya anak, kok militansinya kaya berkurang (jleb banget ga…

  • Aliran Rasa

    “Jadi Ibu itu…..”

    Jadi ibu itu…. Kadang pengen banget punya me time yang lumayan lama… Ngebayangin bisa tidur nyenyak, melakukan hal-hal yang disukai semaunya, bisa merawat diri, bisa makan dengan tenang dan nyaman…. Giliran udah ada waktu buat me time, eh pikiran malah ke anak-anak… Apa mereka udah makan atau belum, seneng apa ga, rewel atau ga, dsb… Terkadang ingin anaknya cepet gede, biar bisa melakukan hal apapun karena anak udah mandiri, tapi kalau inget waktu yang sangat cepat berlalu, pengennya anak bisa selalu dipeluk dan bareng tiap saat. Jadi ibu itu…. Meskipun raga ada dimana, namun pikiran dan hati tetap bersama anak-anaknya… Jadi ibu itu… Membuat seseorang ingin sibuk bersama anak, namun…

  • Aliran Rasa

    Selamat Datang di Rumah Baru

    Assalaamu’alaikum… Selamat datang di “rumah” baru saya… Saya baru pindah kesini sekitar bulan Agustus 2018 lalu. Awalnya rumah saya ada di Blogspot. Sekarang, pindah kesini, di rumah yang sudah dibuatkan oleh suami.. Hehe… Kenapa pindah? Sebenernya udah betah di rumah lama yang sudah dihuni bertahun-tahun lalu. Tapi ternyata, ada yang melatarbelakangi hingga keputusan pindah inu dibuat. Hehe.. Macem apa aja ya… Pertama, salah satu resolusi diri sebenernya adalah ingin mengupgrade skill menulis untuk lebih baik lagi. Media yang dipilih, blog dan instagram. Kenapa ga Wattpad? Hiks… Pengen, tapi apalah daya, untuk menulis fiksi, rasanya sulit hehe… Masih mau banyak belajar, dan dari nol banget, jadi belum berani buat akun dulu.…