• Blogging,  Writing Challenge

    Kenapa Ikut 12 Days Blog Challenge?

    Waaah tidak terasa, ini adalah hari terakhir mengikuti 12 Days Blog Challenge yang diadakan oleh Indscript Writing. Selama dua belas hari ini, alhamdulillah saya bisa mengikuti challenge ini, meskipun saya akui, dalam menulis artikel di blog, saya masih merasa kurang optimal. Bagaimana tidak, saya belum menyediakan waktu khusus untuk menulis dan berlati menulis. Saya masih menulis di sela-sela peran saya sebagai ibu yang mendampingi anak di rumah. Saat membersamai anak, saya akan melepas semua gadget yang saya miliki. Tujuannya agar dapat fokus pada anak. Tapi, seringnya, anak-anak saya tidak memiliki jadwal tidur siang, sehingga saya harus menunggu waktu malam saat mereka tidur di malam hari. Saat itulah saya leluasa untuk…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Keutamaan Silaturahmi

    “Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557) Ramadan sudah terlihat ujungnya. Kita sudah memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Ada yang disibukkan dengan i’tikaf di masjid-masjid tertentu, ada yang juga harus mempersiapkan acara mudik, ada juga yang masih berkutat dengan rutinitas kantor atau rumah, dan lain sebagainya. Tentu saja semua berharap agar bisa menjadi salah seorang hamba yang beruntung mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadr. Apapun kondisinya. “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169) Salah satu hal yang paling terasa di bulan Ramadan adalah semangat untuk…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Berbuka Puasa dengan Apa?

    Apa sih yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa? Lebaran? Iya sih, tapi ada lagi yang ditunggu-tunggu setiap harinya. Ya, saat berbuka puasa. Adzan Maghrib menjadi adzan yang paling dirindukan setiap harinya di bulan Ramadan. Kalau hari-hari biasa, mungkin kita tidak terlalu memperhatikan adzan. Namun ketika bulan Ramadan, adzan Maghrib menjadi hal istimewa. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Bahkan dalam hadits pun, Rasulullah bersabda, salah satu kebahagiaan dari orang yang berpuasa adalah ketika ia berbuka. Wajar dong ya,…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Ramadan, Aku Rindu

    Alhamdulillah, kita sudah mulai memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Tak terasa, ya… Waktu begitu cepat berlalu. Kadang berpikir, target amalan yang sudah ada, belum terealisasi seutuhnya, namun Ramadan sudah hampir memasuki penghujungnya. Ya Allah… Semoga masih bisa mengejar ketertinggalan di sepuluh hari terakhir ini. Oh iya, apakah teman-teman sudah memutuskan akan mengikuti i’tikaf dimana? Wah, pasti sedang mencari dan mulai mengunjungi masjid untuk melaksanakan i’tikaf ya. I’tikaf kini bukanlah sesuatu hal yang aneh. Saat dulu saya masih kecil, saya hanya tahu mengenai i’tikaf dri ceramah-ceramah yang saya dengar saja. Namun, saya tidak pernah melihat bagaimana orang yang beri’tikaf itu. Benar-benar sepuluh hari di masjid terus meneruskah, atau seperti…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Saat Hari Raya, Saatnya Mudik

    Apa yang ada dalam pikiran dan bayangan teman-teman, saat mendengat kata “mudik”? Ada yang membayangkan tradisi tahunan yang terjadi di Indonesia, membayangkan tiket transportasi darat, laut dan udara bisa habis dipesan bahkan jauh sebelum bulan Ramadan tiba, orang-orang yang memadati stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan, kemacetan lalu lintas, dan masih banyak lagi. Ya, bagi kita, hal-hal diatas adalah sesuatu yang berhubungan dengan mudik. Silaturahim saat mudik di hari raya merupakan momen yang sangat dinantikan. Semua begitu bersemangat menyambutnya. Termasuk pemerintah, yang biasanya menjelang mudik, infrastruktur diperbaiki. Bicara tentang mudik, waktu kecil dulu, tujuan mudik kami adalah ke Jakarta. Hehe. Disaat orang-orang justru meninggalkan Jakarta untuk mudik, saya dan orangtua beserta…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Sedekah itu Mudah

    Menulis ini dengan hati yang bercampur aduk. Melihat berita, banyak sekali yang menjadi korban di Jakarta, media sosial diblokir agar tidak dapat mengirim dan menerima gambar, hingga wafatnya K.H. Arifin Ilham. Saya memilih untuk tidak mencari tahu lebih jauh tentang berita-berita di Jakarta. Kenapa? Takut bikin nyesek. Gak tega melihat kekerasan yang terjadi. Dan lagipula, saya sudah tidak terlalu percaya media mainstream hehe… Semua ada kecenderungannya. Entahlah, sudah sejak lama saya tidak terlalu berharap pada media-media tersebut. Biasanya, saya mencari kabar di media sosial, ya, walaupun tetap menggunakan filter. Nah, karena media sosial pun sudah dibatasi oleh pejabat yang terhormat, ya, saya fokus yang lain dulu, deh. Sedih sekali. Marah,…

  • Blogging,  Writing Challenge

    THR yang Dinanti

    Waah… Sudah masuk hari ke 17 Ramadan ya… Biasa kita kenal dengan hari turunnya Alquran, atau Nuzulul Qur’an. Alhamdulillaah… Semangat masih oke kan teman-teman? Hehe.. Saya di hari-hari terakhir ini sedang sangat sulit mengatur waktu, nih. Baik waktu untuk menyelesaikan amalan pribadi, tapi tetap melaksanakan kewajiban di rumah. Semangat naik turun ketika menghadapi Ramadan. Adakalanya saya begitu bersemangat, adalakalanya saya menyerah dengan pekerjaan yang tak ada habisnya. Ambil hikmahnya aja ya… Sesuatu yang baik itu harus diperjuangkan, bukan? Kalau lurus-lurus aja, tidak ada tantangannya, jadi kurang seru, dong? Hehe. Oh iya, kita sudah hampir menyelesaikan sepuluh hari kedua di bulan Ramadan. Biasanya sih, menjelang lebaran, ada rezeki tambahan berupa THR.…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Ramadan yang Tak Terlupakan

    Ramadan selalu hadir di setiap tahun. Namun, kesan yang didapatkan di setiap Ramadan selalu berbeda. Ada saja hikmah baru yang membuat diri menjadiblebih baik. Hikmah-hikmah yang hanya bisa diperoleh di bulan Ramadan. Meskipun sudah melalui sekitar dua puluh tujuh kali Ramadan, setiap kesan yang didapat selalu berbeda. Bicara tentang Ramadan yang paling berkesan, hm… Rasanya hampir semua berkesan. Ada ketika saya berpuasa penuh selama sebulan untuk pertama kali di usia lima tahun, ada saat Ramadan dimana saya melakukan perjalanan jauh melalui jalur darat ke Sumatera Barat, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak hal yang terjadi di bulan Ramadan, ada satu Ramadan yang tidak akan terlupakan oleh saya. Kenangan Ramadan…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Ngabuburit, Aktivitas Khas Ramadan

    Ramadan sudah berlalu hampir setengah bulan ya teman-teman. Di setengah bulan ini, ada baiknya kita mengevaluasi keberjalanan target Ramadan kita. Tujuannya apa? Ya, agar dapat meningkatkan amalan di setengah bulan berikutnya. Apalagi sebentar lagi sudah memasuki sepuluh malam terakhir, ada i’;tikaf juga yang bisa kita lakukan dalam target amalan Ramadan kita. Bisa keliling atau safari masjid untuk beri’tikaf, atau menetap di satu masjid. Seru, bukan? Selain mengisi waktu di bulan Ramadan dengan meningkatkan amal ibadah, kita juga bisa mengisi waktu dengan hal bermanfaat lainnya. Prinsipnya, selama itu kebaikan, maka dilakukan saja. Kalau di daerah Jawa Barat, biasanya ada sebutan khusus untuk mengerjakan sesuatu sambil menunggu waktu berbuka, yaitu ngabuburit. Namun,…

  • Blogging,  Writing Challenge

    Hakikat Shaum di Bulan Ramadan

    Pagi itu, di hari keenam bulan Ramadan. Suasan hati sudah tidak karuan, padahal hari masih pagi. Anak-anak begitu menguji kesabaran. Semua meminta ini, itu, Ingin diperhatikan, sementara rumah masih belum beres sisa hari kemarin. mainan berantakan, cucian piring masih menumpuk, lantai belum disapu dan pel, setrikaan yang menggunung, peer untuk toilet training dan sapih anak kedua, dan masih banyak lagi hal yang berlarian dalam pikiran di kepala. Berkali-kali menarik napas, untuk mengingat bahwa ini lagi Ramadan. Harus bisa menahan diri ketika Ramadan. Diri ini mengulang-ngulang kalimat tersebut. Sabar… Ini ujian…. Sebenarnya, jauh di lubuk hati yang terdalam, saya ingin melalui Ramadan dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Bisa lebih fokus…