Kegiatan Seru di Rumah

Selama di rumah, kadang rasa jenuh akan melanda. Setiap hari beraktivitas di rumah saja. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai mencari kegiatan yang seru dan mengasyikkan untuk seluruh anggota keluarga di rumah.

Bagi keluarga yang memiliki anak yang sudah beranjak remaja atau lebih dewasa, mungkin anak-anak sudah memiliki aktivitas sendiri yang mandiri. Tidak harus mengikuti orangtuanya. Meskipun tetap harus berkomunikasi dan memanfaagkan waktu di rumah untuk menguatkan ikatan di dalam anggota keluarga.

Karena keluarga kami masih memiliki anak-anak kecil, jadi anak-anak masih harus dibimbing untuk berkegiatan secara aktif dan seru. Banyak yang mengeluhkan, selama di rumah aja, anak-anak justru lebih banyak waktu bersama gadget. Karena banyak hal. Faktor jenuh, orang tua yang dituntut deadline pekerjaan, orangtua bingung harus berkegiatan apa lagi, kelelahan, dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah, yang tidak kalau seru dengan aktivitas di luar rumah.

Beberapa hal yang kami lakukan di rumah, misalnya melakukan aktivitas motorik dan sensorik dengan metode bervariasi, membaca buku, mengerjakan worksheet, membuat prakarya, hingga main tebak-tebakan. Permainan ketika saya masih kecil dulu pun saya keluarkan, untuk meminimalisir penggunaan gadget.

Bernyanyi bersama, menonoton film bareng (saat jadwal menonton layar untuk anak-anak), bercocok tanam bersama anak-anak, hingga memasak bersama. Meskipun hasilnya tentu saja rumah tidak akan rapi, namun keseruan aktitas bersama keluarga inilah yang menjadi poin utama.

Bagaimana dengan aktivitas teman-teman bersama keluarga di rumah?

~ Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu~

~Bergeraklah, karena diam berarti kematian~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *