Banyak Aplikasi dalam Satu Genggaman

Selama satu setengah bulan di rumah ini, tentu saja pekerjaan tetap menanti untuk kita kerjakan. Kita juga membutuhkan sarana untuk dapat mengerjakan tugas kita secara lebih efisien, dan juga terorganisir, meskipun di rumah saja.

Banyak kantor dan sekolah yang menerapkan metode daring untuk karyawannya bekerja, dan siswa pun belajar secara jarak jauh dengan metode daring ini. Artinya, baik sebaagai karyawan, guru, siswa, dan orang tua sekalipun membutuhkan website dan aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran dan pekerjaan secara daring ini.

Apa saja sih aplikasi atau website yang sering saya gunakan dan kunjungi selama masa pandemi ini?

  1. Platform untuk rapat secara daring. Ada beberapa yang sering saya gunakan, seperti Zoom, atau Google Meet. Menggunakan aplikasi ini membuat kita bisa melakukan pertemuan secara virtual dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Kajian-kajian Ramadan pun banyak yang disajikan melalui aplikasi Zoom. Kita tetap di rumah, namun secara ilmu, kita tetap terpenuhi Insya Allah.
  2. Aplikasi pesan seperti WhatsApp, Line juga Telegram. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di sekolah anak saya melalui media WhatsApp. Guru memberikan tugas, video petunjuk, dan materi-materi, melalui WhatsApp grup. Dan orang tua pun diminta melaporkan tugas anak pada guru melalui WhatsApp. Sedangkan Telegram, saya lebih sering menggunakannya untuk mengikuti channel-channrl yang bermanfaat, seperti channel ustadz yang berisi materi, channel belajar bahasa, atau kitab.
  3. Pinterest. Duh, ini aplikasi yang saya sukai. Karena aplikasi ini membantu saya untuk menyediakan aktivitas anak di rumah dengan bermacam variasi. Tema apapun bisa kita cari disini. Dan bisa digunakan untuk mencari aktivitas bagi usia berapapun. Untuk anak-anak, tersedia ide bermain, worksheet untuk belajar, dan lain lain. Sementara untuk orang dewasa, Pinterest juga menyediakan inspirasi untuk beraktivitas, misal seperti saya, bisa belajar not balok, belajar doodle, membuat jurnal, dan menjahit.
  4. Aplikasi untuk menonton film. Hehe. Di rumah aja, tentu membuat kita butuh hiburan, salah satunya melalui aplikasi atau website untuk menonton film. Tapi kalau saya pribadi, tidak menggunakan aplikasi ini secara intensif. Karena sudah tidak sempat menonton film yang durasinya panjang. Hehe. Malam hari pun memilih untuk membereskan pekerjaan rumah, atau menulis seperti sekarang. Hehe.
  5. Kelas atau kursus online, seperti Udemy, Coursera, dll. Di masa pandemi ini, banyak penyedia kelas online yang menggratiskan kelasnya untuk memfasilitasi masyarakat belajar di rumah. Ada juga buku-buku yang bisa diakses secara gratis.
  6. YouTube. Menjadi salah satu aplikasi untuk belajar dan hiburan. Karena kami tidak memiliki tv di rumah, saat anak ada pelajaran di TV di saluran TVRI, maka kami pun streaming. YouTube juga digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan anak dalam menunjang pembelajarannya. Tentu dengan tetap didampingi oleh orang tua.

Sebenarnya masih banyak web atau aplikasi yang saya gunakan di rumah untuk memfasilitasi kami dalam berkegiatan. Ada Let’s Read dan Story Weaver untuk akses ebook anak, aplikasi kuis online untuk pembelajaran, dan masih banyak lagi. Namun untuk kali ini, saya bahas enam saja ya. 🙂

~ Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu~

~ Bergeraklah, karena diam berarti kematian~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *